HAL YANG SAKJANE DIPELAJARI DI SEKOLAH
Rabu, 25 November 2020

By admin web 25 Nov 2020, 12:18:48 WIB Artikel
HAL YANG SAKJANE DIPELAJARI DI SEKOLAH

Sistem pendidikan kita itu bisa dibilang tidak tepat sasaran, tidak sedikit mereka yang sudah lulus SMA ditanya tentang pelajaran dari SD hingga SMA itu bagaimana, kebanyakan mesti menjawabnya lupa, atau mengatakan bahwa pelajaran yang kita pelajari itu tidak penting-penting sekali. Itu karena apa yang kita pelajari, tidak langsung diaplikasikan secara langsung, ironisnya demikian. Kita semua mempelajari biologi, geografi, fisika, dsb. Yang sebenarnya ilmunya jarang sekali kita pakai sampai sekarang, tapi kenapa kita tidak dipelajari ilmu yang sebenarnya penting untuk kita pelajari.

Misalnya, bagaimana caranya membayar pajak, bagaimana caranya mengelola keuangan pribadi, bagaimana caranya untuk tidak sedih berlarut-larut, bagaimana caranya menejemen emosi dst. Yang sebenarnya penting sekali untuk dipakai di kehidupan sehari-hari. Kita belajar hal yang sama, yang dipelajari oleh orang tua kita, padahal zaman sudah berubah dan pelajarannya pun tidak penting-penting sekali, sebenarnya pun juga pelajaran-pelajaran sekolah bisa kita pelajari di Internet.

Kita menyadari bahwa masalah-masalah yang ada di Indonesia, seperti kekerasan yang terjadi di dalam hubungan, korupsi, dsb. Itu implikasi dari sistem pendidikan yang cacat. Wajar saja terjadi kekerasan di rumah tangga, memang kita tidak pernah diajari cara berumah tangga dengan baik. Sedikit sekali juga, kita diajari untuk mengatur uang dan emosi, wajar saja ada yang korupsi, bisa saja dia tidak bisa mengatur uang atau tidak bisa mengelola emosi dan impulse di otaknya yang tergiur dengan uang haram dan bisa didapatkan secara instan. Bisa dibilang sangat wajar.

Hal-hal yang seharusnya dipelajari di sekolah :

PERSONAL FINANCE

Karena kita harus bisa mengelola keuangan kita sendiri, kita harus bisa dasar-dasar masalah keuangan. Bagaimana cara invest, cara menabung, cara mengelola uang pensiun, dsb. Ini sangat penting sekali, mengingat banyak dari mereka yang belajar dari pengalaman saja, namun tidak sadar tentang apa yang mereka lakukan. Memang benar pengalaman adalah guru terbaik, tapi kalau kita tidak sadar bahwa itu adalah pengalaman, apakah juga akan menjadi guru terbaik kita..??

RELATIONSHIP

Manusia adalah makhluk sosial, bagaimana caranya agar kita bisa mengatasi masalah hubungan antar sesama manusia. Ini sebenarnya masalah yang umum, tapi penting sekali untuk kita pelajari agar tidak terjadi terus-menerus

KARIR

Pasti banyak sekali dari kita yang bingung, mau memilih jurusan apa saat kuliah. Ini adalah masalah-masalah karir, terkait bidang apa tang mana mau kita tekuni saat kita dewasa. Demikian juga sedikit sekali kita pelajari di sekolah, padahal penting selain buat masa depan kita

CRITICAL THINKING AND LOGICAL REASONING

Berfikir kritis dan logis, karena di dunia digital ini kita benar-benar overload informasi dan cara untuk memangkas informasi-informasi tersebut menjadi informasi yang berkualitas, supaya kita tidak tertipu dengan hoax dan informasi tidak penting.

SEJARAH AGAMA DAN ALIRAN FILSAFAT

Karena banyak dari kita itu tidak tau dan terlanjur tidak mau tau tentang sejarah agama kita itu seperti bagaimana dan sejarah agama orang lain itu seperti apa, serta filosofi-filosofi yang mendasarinya. Ini sangat penting bagi kita, ketika kita bertemu orang lain yang agamanya atau filosofi hidupnya berbeda dengan yang kita ikuti. Dari sanalah, akhirnya muncul “Empati” ketika kita sudah mengerti maka timbullah “Toleransi”, mungkin inilah akar masalah dari negara kita yang minim toleransi. Sesimpel ini karena mungkin kita tidak tau saja, bagaimana perspektif dari agama lain atau dari aliran-aliran yang muncul dari agamanya sendiri, sehingga muncul perpecahan

SELF-AWARENESS AND SELF-CONTROL

Kesadaran akan diri kita sendiri itu penting, karena ini adalah dasar dari semuanya. Ketika kita sadar tentang kelemahan dan kelebihan diri kita, sadar tentang apa yang baik dan buruk yang sudah apa yang kita lakukan. Dari sanalah kita dapat mengontrol perilaku kita menjadi lebih baik, karena banyak orang yang tidak bisa berhenti kecanduan seks, alkohol, rokok, dsb. Karena mereka sendiri tidak tau, bagaimana mereka bisa kecanduan dan bagaimana cara menyelesaikan kecanduan-kecanduan itu.

Itulah hal-hal yang menurut kami perlu dipelajari di sekolah, memang tidak aneh jika dipelajari dan bukanlah ilmu yang pasti. Namun inilah kenyataannya, ilmu-ilmu pasti sudah berhamburan di internet dan tugas kita adalah mempelajari dasar dari segala apa yang ada di atas menjadi suatu pegangan untuk para generasi, agar dapat menghadapi persoalan-persoalan di masa depannya. Terima kasih.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment