Madrasatul Qur an Times hadlir untuk Anda

By admin web 04 Feb 2019, 19:18:12 WIB Majalah MQTimes
Madrasatul Qur an Times hadlir untuk Anda

Keterangan Gambar : Majalah Madrasatul Qur an Times Edisi Perdana


Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang paling banyak dibaca. Di samping sebagai bahan telaah keilmuan, Al-Quran juga menjadi bagian penting dalam beribadah. Sebagai telaah keilmuan, Al-Quran mengandung banyak informasi yang memberikan data-data konkrit ilmiah. Dan, sebagai bagian penting setiap ibadah umat Islam, Al-Quran dibaca secara berulang-ulang dan memiliki nilai pahala di dalamnya.


Kemajuan tafsir Al-Quran sebagaimana ilmu fiqih terus mengikuti perkembangan situasi masyarakat dari masa ke masa. Sebagai sumber dari segala sumber hukum umat Islam, tafsir Al-Quran diperlukan untuk mencari kepastian dalam menjawab problem-problem masyarakat.


Penafsiran al-Quran (Quranic Exegesis/Interpretation) telah menjadi pusat bagi perkembangan intelektual dan aplikasi praktis ajaran-ajaran Islam sejak masa awal pada abad ke-7 M hingga sekarang. Dalam sepanjang zaman, para sarjana muslim telah mengembangkan beragam prinsip dan metode untuk menafsirkan dan memaknai al-Quran.  


Usaha-usaha untuk menafsirkan al-Quran ini terus berkembang hingga sekarang dan menghasilkan produk kitab-kitab tafsir dengan keragamannya. Berbagai metode, pendekatan, gaya penulisan, dan perangkat ilmu lainnya diterapkan untuk mengkaji dan menemukan makna-makna dan pesan-pesan ayat-ayat al-Quran. 


Sejarah perkembangan tafsir apabila ditinjau dari perspektif the history of idea, maka akan tampak perubahan (change), keberlanjutan (continuity), dan keragaman (diversity) dari masing-masing waktu atau kurun. Hal ini menegaskan: tafsir merupakan produk pemikiran yang mencerminkan ‘anak zamannya’ sehingga meniscayakan adanya perubahan, pergeseran, dan perkembangan sesuai dengan semangat zaman.  


Jadi, perubahan-perubahan atau perkembangan-perkembangan baru dalam metodologi  tafsir pasti terjadi. Namun, sebagian dari perkembangan tafsir juga masih menginduk atau meneruskan tradisi-tradisi yang lama (continuity). Perubahan dan keberlanjutan tersebut akhirnya akan melahirkan keragaman (diversity) dalam penafsiran, termasuk corak atau nuansa penafsiran. 

Majalah Madrasatul Qur an Times hadlir untuk Anda ikuti kajiannya yang menampilkan artikel-artikel  ilmiah seputar kajian Al-Qur an termasuk tafsir al-Qur an seperti ulasan tersebut di atas.


Cara berlangganan, hubungi:
Nomor HP: 085733332248 (M.Yunus)
 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment